ASSALAMU 'ALAIKUM... SALAM SUKSES DUNIA & AKHIRAT...

SELAMAT DATANG DI BLOG INSPIRASI PENUH HARAPAN. ANDA SUDAH TEPAT BERADA DIBLOG INI KARENA SAYA AKAN BERBAGI KESUKSESAN & KEBAHAGIAAN DENGAN ANDA SAUDARAKU..., AGAR SEMAKIN BANYAK KAUM MUSLIM YANG BISA MERASAKAN NIKMATNYA SURGA DUNIA, BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM...

09 November 2008

Network Marketing vs. Multi Level Marketing

Banyak orang yang menyamakan Multi Level Marketing (MLM) dengan Network Marketing (NM). Menurut saya, hal itu kurang tepat, karena MLM merupakan bagian dari NM. Namun tidak sebaliknya, NM bukanlah MLM.
Kalau di MLM, kita harus merekrut downline untuk mengembangkan bisnis kita. Ini yang banyak kita temui di dalam perusahaan-perusahaan yang menerapkan sistem MLM untuk pemasaran produknya.
Namun tidak demikian dengan NM. Di NM, kita tidak mutlak harus merekrut downline. Siapa pun bisa menerapkan NM untuk memasarkan produk dan jasanya. Dalam NM, kita memanfaatkan relasi yang kita miliki. Contohnya, pemilik showroom mobil mengumumkan kepada relasinya (keluarga dan teman-temannya) bahwa dia buka showroom mobil, supaya mereka kalau akan beli mobil, belinya di showroom dia. Nah, dia juga meminta kepada relasinya tersebut supaya mereka mau memberitahu kepada teman-temannya lagi supaya beli mobil di showroomnya.
Contoh lain, agen asuransi yang meminta referensi dari nasabahnya, ini juga memanfaatkan NM. Tanpa merekrut downline pun agen asuransi bisa jalan dan menghasilkan uang banyak (walaupun di beberapa perusahaan asuransi sang agen bisa merekrut downline untuk mendapatkan komisi jauh lebih besar lagi, tapi ini bukan kewajiban). Berbeda dengan MLM, kalau kita tidak merekrut downline akan sangat sulit (hampir tidak mungkin) untuk mendapatkan komisi besar, karena di MLM omzet dihitung dari grup kita, kalau dalam grup kita hanya terdiri dari kita sendiri, berapa sih jumlah produk yang bisa kita beli sendiri? Pasti kecil jumlahnya, dan komisinya pun kecil.
Internet pun mengenal NM, tapi menurut saya program-program di internet itu adalah MLM, karena kita harus merekrut downline. Kalau kita tidak punya downline, komisi yang didapat sangat kecil. Contohnya program-program yang membayar kita untuk meng-klik link-link yang ada di website mereka ataupun yang ada dalam email yang mereka kirim. Kita dibayar sangat kecil per klik, tapi kalau kita punya downline, kita mendapatkan persentase dari penghasilan downline kita, biasanya antara 10% sampai 15%. Jadi kalau mau cepat naik komisinya, kita harus rekrut downline.
Nah, sekarang jelas kan bedanya Network Marketing dengan Multi Level Marketing? Network Marketing lebih luas daripada Multi Level Marketing, Multi Level Marketing merupakan bagian dari Network Marketing.
Sumber: www.menabung.info

Tidak ada komentar: